Kamis, 07 Februari 2019

KEUNGGULAN IKAN MAS MERAH NAJAWA

Guna lebih memperkaya jenis dan varietas Ikan Mas yang beredar di masyarakat, telah dihasilkan Ikan Mas Merah Najawa sebagai jenis ikan baru hasil domestikasi yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dalam rangka menunjang peningkatan produksi perikanan budidaya serta peningkatan produksi, pendapatan, dan kesejahteraan pembudidaya ikan, perlu melepas Ikan Mas Merah Najawa. Telah diterbitkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan NOMOR 41/KEPMEN-KP/2014 tentang PELEPASAN IKAN MAS MERAH NAJAWA.

Ikan Mas Najawa merupakan salah satu varietas unggulan di tanah air yang merupakan ikan mas asli dari Cangkringan – Yogyakarta. Dinas Kelautan dan Perikanan DIY melalui Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan (BPTKP) Cangkringan berhasil melegalkan ikan mas merah Cangkringan sebagai ikan varietas unggul nasional.
Kepala BPTKP Cangkringan, Ir Dwijo Priyanto MMA menerangkan, ikan mas merah Cangkringan merupakan ikan lokal yang dimiliki BPTKP sejak 1970. Diperkirakan, ikan jenis ini memiliki jarak kekerabatan yang jauh dengan ikan mas jenis lain.
“Berdasar karakteristik genetik dengan uji DNA, ikan mas merah Cangkringan sangat jauh kekerabatannya dengan ikan mas Rajadanu, Majalaya, Sinyonya, Wildan dan Sutisna. Jadi bisa dikatakan ikan ini masih benar-benar murni jenisnya dan berasal dari Cangkringan,” ungkapnya kepada KRjogja.com di kantornya, Kamis (27/02/2014).
Menurut Dwijo, keunggulan lain ikan ini ialah memiliki ciri khas warna merah menyala dengan bentuk tubuh bulat memanjang. Maka tak heran jika ikan mas merah dewasa bisa tumbuh seberat 4 kilogram dan panjangnya bisa mencapai 50 centimeter.
“Sejak 2010 hingga 2013 ikan ini kami uji karakteristiknya, baik pertumbuhan, produksi dan ketahanannya terhadap penyakit. Setelah diajukan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, ikan mas merah Cangkringan lolos uji pada November 2013. Hingga mendapatkan legalitas dari pemerintah sebagai ikan varietas unggul nasional,” jelas Dwijo seraya menambahkan bahwa setelah lolos uji akhirnya Gubernur DIY Sri Sultan HB X memberi nama ‘Ikan Mas Merah Najawa’. Najawa singkatan dari Mina Jogja Istimewa.


Sumber:
http://jdih.kkp.go.id/
http://www.bibitikan.net/najawa-ikan-mas-merah-varietas-unggulan-asal-cangkringan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar