Senin, 04 Februari 2019

KEUNGGULAN IKAN GURAMI GALUNGGUNG SUPER

Guna lebih memperkaya jenis ikan gurami yang beredar di masyarakat, telah dihasilkan Ikan Gurami Galunggung Super sebagai jenis ikan baru yang merupakan hasil hibridisasi.
Telah diterbitkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan NOMOR 51/KEPMEN-KP/2018 tentang PELEPASAN IKAN GURAMI GALUNGGUNG SUPER.
Untuk meningkatkan produksi budidaya perikanan air tawar, Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar terus melakukan upaya untuk menghasilkan benih ikan unggul, khususnya Ikan Gurame, Nilem dan Tawes. Salah satu benih ikan unggul yang akan disebarkan Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar adalah Ikan Gurame Galunggung Super.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Jafar Ismail melalui Kepala Balai Pengembangan dan Pemacuan Stok Ikan Gurame dan Nilem Singaparna Tasikmalaya Akmad Yani SP MP mengatakan kepada medikomonline.com,  Balai Pengembangan dan Pemacuan Stok Ikan Gurame dan Nilem Singaparna telah berhasil melakukan kaji terap pemuliaan Ikan Gurame dengan sistem Hibridisasi. Ikan Gurame Galunggung ini telah dilakukan pengujian rilis oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tanggal 18-19 Oktober 2016.
“Pemuliaan Ikan Gurame dengan sistem Hibridisasi ini lulus dalam rilis Ikan Gurame Galunggung Super dan berhak untuk menyebarkannya ke masyarakat. Galunggung Super lebih unggul dibandung Ikan Gurame yang ada di masyarakat. Ikan (Gurame Galunggung Super-red) sudah disebar ke masyarakat dalam lingkup terbatas, karena masih menunggu Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan terkait varietas baru Ikan Gurame Galunggung,” kata Akmad Yani di Bandung, Selasa (6/6).
Dijelaskan Akmad Yani, varietas baru Ikan Gurame Galunggung Super ini memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, dengan tingkat pertumbuhan dan kelangsungan hidup yang lebih tinggi serta tingkat konversi pakan yang rendah, menurunkan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan budidaya dan kesejahteraan pembudidaya. Kedua, usaha budidaya pada segmen usaha pembesaran memberikan nilai ekonomi yang tinggi dan menguntungkan bagi pembudidaya.
Lanjut Akmad Yani, Balai Pengembangan dan Pemacuan Stok Ikan Gurame dan Nilem Singaparna telah melakukan uji multilokasi Ikan Gurame. Berdasarkan hasil pembesaran Ikan Gurame dengan system Hibridisasi menghasilkan benih hibrid yang lebih cepat pertumbuhannya daripada kedua induknya. “Ikan hibrid umumnya menunjukkan efek heterosis, yaitu dengan munculnya sifat unggul pada hibrid atau sifat suatu keturunan dapat melebihi kedua induknya,” ujarnya.

Sumber:
http://jdih.kkp.go.id/
http://medikomonline.com/Category/Ekonomi/Dinas-Kelautan-dan-Perikanan-Jabar-Akan-Sebar-Varietas-Baru-Ikan-Gurame-Galunggung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar